Digital clock

Sabtu, 26 Januari 2013

pengolahan data elektronik

Makalah Pengolahan Data Elektronik ( PDE )

KATA PENGANTAR
Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas menulis makalah tentang “ PENGENALAN DASAR KOMPUTER”.
Dalam penulisan makalah ini penulis mengalami banyak hambatan dan kesulitan, namun berkat mencari dari sumber-sumber serta bimbingan dan dorongan dari pihak yang telah memberikan masukan atas terselesaikannya penulisan makalah ini. Sehubungan dengan hal tersebut dengan segala kerendahan hati, pada kesempatan ini pula penulis mengucapkan terima kasih kepada bapak Margo Utomo,S.kom
Harapan kami semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan para pembaca. Kritik serta saran yang bersifat membangun dari semua pihak senantiasa penulis harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………………………..                 
DAFTAR ISI…………………………………………………………………….     
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………….    
BAB II PENGENALAN DASAR KOMPUTER……………………………….    
  1. Definisi Komputer………………………………………………………      
  2. Pengolahan Data Elektronik (PDE)……………………………………..      
  3. System Komputer……………………………………………………….      
BAB III PENUTUP……………………………………………………………..     
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………     
PENDAHULUAN
Seperti yang kita ketahui dan kita rasakan, bahwa perkembangan teknologi dari tahun ke tahun berkembang begitu pesatnya, misalnya teknologi internet. Begitu juga komputer, dengan semakin canggihnya teknologi, perkembangan komputer pun tidak kalah hebatnya . maka dari itu  di era modern ini kita tidak boleh ketinggalan, kita semua harus bisa mengoperasikan komputer. Karena sekarang ini dimana-mana pasti memerlukan komputer. Disekolah-sekolah, perkantoran, instansi-instansi, dan sebagainya, maka dari itu disini saya akan membahas sedikit tentang komputer. Apakah itu komputer ?  Apa saja yang terdapat didalamnya?  Pasti kalian ada yang belum tahu, Nah maka dari itu saya akan menerangkan sedikit tentang komputer, setidaknya sebagai pengenalan dasar. mulai dari definisi komputer, pengolahan data elektronik, siklus pengolahan data dan sistem komputer.
BAB II
PENGENALAN DASAR KOMPUTER
  1. DEFINISI KOMPUTER
Komputer berasal dari kata Computare (dalam Bahasa Latin) To Compute (dalam Bahasa Inggris) berarti menghitung. Sejalan dengan perkembangan perangkat keras ini. Komputer  bukan hanya sebagai alat penghitung saja, melainkan sebagai alat untuk mengolah data-data, memproses, menyimpan hasil proses, menyimpan intruksi pemrosesan dan mengeluarkan output berupa informasi dengan kalkulator, cash-register, simpoa dan sejenis mesin hitung lainnya.
Menurut buku “Computer Today“ karangan Donald Sanders, komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program yang tersimpan di Memori (stored program).
Menurut ROBERT H.BLISSMER dalam bukunya yang berjudul “Computer Annual”  computer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas diantaranya
  1. Menerima input
  2. Memproses input tadi sesuai programnya
  3. Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
  4. Menyediakan output dalam bentuk informasi
Menurut VC. HAMACHER, ZG. VRANESIC, SG. ZAKY dalam bukunya “Computer Organization” Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan dimemorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.
Menurut GORDON B. DAVIS dalam bukunya “introduction to computers” Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
Dari definisi diatas dapat kita simpulkan bahwa komputer adalah Alat elektronik yang dapat menerima input data,dapat mengolah data,dapat memberikan informasi dengan menggunakan suatu progam yang tersimpan di memori computer serta dapat menyimpan program dan hasil pengolahannya secara otomatis.
  1. PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK (PDE)
Data adalah suatu kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan berupa angka-angka, huruf-huruf atau simbol-simbol khusus gabungan darinya.
Data mentah masih belum bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. Pengolahan data adalah memanipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi.
Informasi adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadan.
Jadi dari penjabaran  diatas kita dapat menyimpulkan bahwa Pengolahan data elektronik (PDE) adalah memanipulasi dari data ke dalam bentuk yang berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yaitu komputer
SIKLUS PENGOLAHAN DATA ( DATA PROCESSING CYCLE )
Siklus pengolahan data terdiri dari 3 tahap dasar yaitu
 
                                                                                                                               
Input : Tahap ini merupakan proses memasukkan data kedalam proses komputer lewat alat input (input device)
Processing : Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemroses (processing device) yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage.
Output : tahap ini merupakan tahap proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (output device) yaitu berupa informasi.
Dari 3 (tiga) tahap dasar dari siklus pengolahan data tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut. Siklus pengolahan data yang dikembangkan (Expanded Data Processing Cycle) dapat ditambahkan tiga (3) tahapan lagi yaitu :
 
DISTRIBUTION
ORIGINATION
INPUT
OUTPUT
PROCESSING
 

 
                                                                                            
Origination :  Tahap  ini  berhubungan dengan  proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan  proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar .
Distribution : Merupakan  tahap proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.
Storage : Merupakan  tahap proses perekaman  hasil pengolahan ke simpanan  luar (storage)
  1. SYSTEM KOMPUTER
Komputer agar dapat dipergunakan untuk mengolah data maka harus berbentuk sistem komputer. System adalah jaringan dari pada elemen-elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi supaya tujuan tersebut terlaksana, maka harus ada elemen yang mendukungnya. Elemen dari sistem komputer adalah software, hardware, dan brainware
Software adalah perangkat lunak / piranti lunak / program yang berisi perintah untuk melakukan pengolahan data.
Hardware  adalah perangkat keras / piranti keras / peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dilihat dan dapat dijamah.
Hardware terdiri dari 3 bagian antara lain
  1. Unit pemrosesan sentral (CPU) atau  prosesor
Adalah alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah data yang
sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya akan ditampilkan di alat output.
  1. Alat penyimpanan
Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program . memori beraneka ragam tipenya mulai dari yang tercepat aksesnya maupun sampai yang terlambat aksesnya.
  1. Input / output
Input device adalah alat untuk memasukkan data dan program. Sedangkan output device adalah alat yang digunakan untuk menampilkan hasil proses baik berupa hardcopy maupun softcopy
Brainware adalah manusia yag terlibat didalam pengoperasian serta mengatur sistem komputer.
Yang termasuk kelompok brainware antara lain :
1.    Analis
2.            Adalah brainware yang terlibat dalam system komputer dengan tugas menganalisis dan mendesain system untuk mengetahui kebutuhan system pada suatu institusi sebelum dibuatkan programnya.
3.    Programmer
     Adalah brainware yang bertugas menerjemahkan hasil analisis dan desain system kedalam bahasa pemrograman agar dapat dikerjakan oleh computer.
4.    Operator
     Adalah merupakan petugas yang memanfaatkan atau menjalankan software system yang telah dibuat untuk kebutuhan institusi sehari-hari
5.    Teknisi
     Adalah petugas yang bertanggung jawab dalam menjaga ketersediaan hardware
sistem komputer dan jaringan
Ketiga elemen tersebut sotware, hardware, dan brainware harus berhubungan dan membentuk suatu kesatuan. Hardware tanpa adanya software, maka tidak akan berfungsi seperti yang diharapkan benda mati saja, begitu juga sebaliknya.
ALAT INPUT DAN OUTPUT
Alat input( input device) adalah suatu alat atau media yang digunakan  untuk memasukkan suatu data ke komputer. Output (output device) adalah suatu alat yang digunakan untuk mencetak atau menghasilkan suatu data berupa  informasi.
Alat input dan output digolongkan kedalam :
Ø  Non-intelligent terminal
Terminal alat yang terbatas hanya sebagai alat input atau output saja. Contoh dumb terminal pada mainframe
Ø  Intelligent terminal
Disebut juga pemrogramable terminal, karena dapat diprogram oleh pemakai. Alat ini mempunyai mikro prosesor dan internal memori.
Contoh alat input : keybord, mouse, scenner, web camera (webcam), microfone dan lain-lain.
Keybord atau papan ketik adalah peralatan mengetik yang digunakan untuk menginput (memasukkan) teks dan juga untuk mengontrol pengoperasian komputer. Keybord terdiri dari tombol-tombol berbentuk kotak yang disusun padanya. Tombol-tombol tersebut mempunyai huruf atau symbol yang tercetak diatasnya yang akan menunjukkan huruf atau symbol yang akan ditampilkan ke monitor bila ditekan. Selain itu apabila kita menggabungkan dua tombol yang kita tekan secara bersamaan, kadang kita akan mendapatkan fungsi atau input khusus. Ada berbagai jenis tata letak tombol-tombol pada keybord, namun yang paling popular adalah tata letak qwerty, yang sebenarnya merupakan tata letak mesin ketik. Keybord baru biasanya mempunyai tombol-tombol tambahan pada bagian atasnya ( f1, f2 dan lain-lain) untuk mempermudah pengguna dalam mengakses isi komputer.
Mouse adalah suatu alat yang digunakan untuk memerintah, mengarahkan pada komputer
Contoh alat output : monitor, printer, spiker dan lain-lain.
Monitor adalah suatu alat yang berfungsi menampilkan informasi pada komputer.
Printer atau pencetak data adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan baik berupa teks maupun gambar diatas kertas.
Contoh alat input dan output :disk drive (floppy disk, hardisk), tape drive, modem
Modem berasal dari singkatan modulator demodulator
Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi ( yang berisi data atau pesan ) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
Modem merupakan gabungan dari kedua kata tersebut. Artinya modem adalah  alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti  vsat, microwave radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Proceesor
Processor terdiri dari:
Ø  Arithmeticlogic unit
adalah bagian dari processor yang bertugas melakukan perhitungan aritmatika atau matematika sesuai dengan instruksi program.
Ø  Control unit
adalah bagian processor yang bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada system komputer.
Ø  Register
Register merupakan simpanan kecil dengan kecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses.
Ø  Memori
Adalah tempat menyimpan data dan instruksi yang menunggu giliran untuk diproses.
RAM (random access memory)
Memory yang bersifat volatile ( isinya akan hilang saat komputer dimatikan ) yang bertugas menampung data yang dimasukkan dari alat input.
Contoh : Nvram (non-volatile random access memory)
Merupakan sebuah jenis memori computer dengan akses acak (ram) yang umumnya digunakan untuk menyimpan konfigurasi yang dilakukan oleh firmware, seperti bios,efi atau firmware-frimware lainnya pada perangkat embedded, semacam router. Umumnya , nvram dibuat dengan teknologi manufaktur cmos (complimentary metal-oxide semiconductor) sehingga daya yang dibutuhkan juga kecil. Untuk menghidupinya agar data yang disimpan tidak hilang, nvram menggunakan sebuah baterai litium dengan nomor seri CR-2032.
Rom (read only memory)
Memory yang hanya bisa dibaca saja dan digunakan untuk menyimpan semua informasi tentang system komputer.
Contoh : eeprom (electrically erasable programmable read-only memory) adalah sejenis chip memori non-volatile yang digunakan dalam komputer dan peralatan elektroniklain untuk menyimpan sejumlah kecil konfigurasi data pada alat elektronik tersebut. Chip ini biasanya digunakan untuk menyimpan data konfigurasi bios dan setting system yang berhubungan dengannya untuk penyimpanan data yang berjumlah besar maka penggunaan usb flashdisk/flash memori lebih ekonomis.
Kelebihan utama eeprom dibandingkan eprom adalah  ia dapat dihapus secara elektris menggunakan cahaya ultraviolet sehingga prosesnya lebih cepat. Jika ram tidak memiliki batasan dalam hal baca tulis memori, maka eeprom sebaliknya. Beberapa jenis eeprom keluaran pertama hanya dapat dihapus dan ditulis ulang (erase-rewrite) sebanyak 100 kali sedangkan medel terbaru bias sampai 100.000 kali.
PENUTUP
Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :
  1. Hardware ( Perangkat Keras )
Processing Device, Input Device, Output Device, Storage Device.
  1. Software ( Perangkat Lunak )
Operating Sistem, Application Program, Language Program.
  1. Brainware ( Orang Yang Mengoperasikan Komputer )
Adanya beberapa hardware ini dapat menyebabkan masalah sinkronisasi. Karena itu dalam operasi sistem komputer untuk mencegahnya sebuah memory controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori. Untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus. Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda. Jika komputer dinyalakan Bootstrap program utama akan memeriksa hardware-hardware utama. Pada komputer modern biasanya ditandai dengan munculnya interrupt dari software atau hardware, sehingga Sistem Operasi ini disebut Interrupt-driven.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar